MEMPERSIAPKAN BIAYA PENDIDIKAN (Lanjutan)

Postingan kali ini hanya melanjutkan postingan sebelumnya dengan judul Menghitung Biaya Pendidikan Masuk Perguruan tinggi.

Dalam postingan sebelumnya telah dibahas secara detail apa yang harus dilakukan dalam merencanakan biaya pendidikan agar target pendidikan anak tercapai sesuai dengan harapan.

Dalam kesempatan ini aka membahas secara detail cara perhitungan biaya pendidikan yang akan kita butuhkan pada saat MASUK PERGURUAN TINGGI. Kerena di jenjang inilah yang paliung mahal biayanya.

Pendidikan di Indonesia masih merupakan investasi yang mahal sehingga diperlukan perencanaan keuangan serta disiapkan dana pendidikan sejak dini. Setiap keluarga harus memiliki perencanaan terhadap keluarganya sehingga dengan adanya perencanaan keuangan sejak awal maka pendidikan yang diberikan pada anak akan terus sehingga anak tidak akan putus sekolah. Tanggung jawab orang tua sangatlah berat karena harus membiayai anak sejak dia lahir sampai ke jenjang yang lebih tinggi.

Mahalnya biaya pendidikan di Indonesia perlu di antisipasi dengan membuat perencanaan keuangan yang lebih akurat dengan memperhitungkan faktor - faktor seperti biaya pendidikan sekarang, tingkat inflasi, usia anak sekarang, dan pada tahun ke berapa biaya tersebut dikeluarkan. Ini sangat penting untuk menetukan jumlah biaya pendidikan yang harus dikeluarkan pada waktunya nanti. Dengan demikian setiap keluarga dapat mulai merencanakan berapa uang yang harus ditabungkan mulai sekarang untuk mengantisipasi mahalnya biaya pendidikan di Indonesiaggi.

MARI KITA LIHAT TABEL BIAYA MASUK PERGURUAN TINGGI DALAM DAN LUAR NEGERI DIBAWAH INI :





















Dengan melihat data tabel diatas saya setuju dengan anda bahwa biaya pendidikan sangatlah mahal, hal tersebut harus diantisipasi dari sekarang.
Yang perlu dilakukan adalah merencanakan dengan perhitungan yang cermat sesuai dengan target pendidikan yang dituju dan segera konsultasikan dengan FINANCIAL ADVISOR anda untuk mendapatkan gambaran yang ideal terhadap perencanaan tersebut.
Dibawah ini saya akan memberikan contoh perthitungan kebutuhan dana pendidikan masuk perguruan tinggi sebagai berikut :

























Dari contoh diatas, biaya kuliah fakultas kedoteran yang akan dibutuhkan untuk 13 tahun yang akan datang sebesar Rp. 1.829.703.743,63. Angka yang sangat luara biasa, artinya kita harus menabung sebesar Rp. 1.829.703.743,63 / 26,9750 = Rp. 68.000.000,00 per tahun.

Tapi inget rentang masa selama 13 tahun, ada resiko hidup yang kita tidak pernah bisa predeksi sehingga perlu diantisipasi agar tujuan pendidikan anak tercinta kita tetap tercapai.


PERHATIKAN GAMBAR DIBAWAH INI :















Jika Anda ingin berkonsultasi sehubungan dengan perencanaan masa depan Silahkan hubungi kami SMS di 081514100655, saya akan segera menghubungi Anda atau email masasyiqin@gmail.com.